jump to navigation

KAMI TIDAK MENERIMA AUTIS Maret 1, 2008

Posted by estu pitarto in Artikel.
trackback

Saya mempunyai anak pertama autis yang sudah diterapi sejak umur 2 tahun. Sekarang sudah mau masuk SD namun tidak ada SD di kota Malang yang mau menerima anak saya. Bagaimana nasib anak negara seperti anak saya?” kata Bapak Eko Supri Haryadi di Malang dalam komentarnya di dewo.wordpress.com. Wajar jika mereka memiliki asumsi demikian. Kenyataan di lapangan banyak dari sekolah umum tidak mau menerima anak autis walaupun ada beberapa yang mau. Berdasarkan penelitian dari Bapak Deden Rachmayana di Bandung yang dikutip dari www.putrakembara.org menyebutkan bahwa 20% sekolah umum mau menerima dan mengajar mereka, 64% menolak dengan alasan terlalu berat dan tidak tahu penanganannya, dan 16% menunggu respon pemerintah. Hasil tersebut kiranya dapat kita jadikan tolok ukur betapa guru Indonesia yang berada di sekolah umum belum siap untuk menerima kehadiran anak autis di lingkungan belajarnya. Ironis jika seorang guru tidak siap menghadapi hambatan yang ada di depan. Para ahli memprediksikan bahwa kuantitas anak autis pada tahun 2010 akan mencapai 60 % dari keseluruhan populasi di dunia. Siap atau tidak kita sebagai guru harus mau menerima mereka untuk mendapatkan hak pendidikannya, tetapi bagaimana cara menangani anak autis di sekolah umum

Komentar»

1. uwiuw - Maret 31, 2008

sorii yah bukan ngajak berantem tapi diskusi…masa sih “kuantitas anak autis pada tahun 2010 akan mencapai 60 % dari keseluruhan populasi di dunia.” ?

terlalu bombasti, ah, menurut sy ?

2. ken atik djatmiko - Juli 28, 2008

salam
saya dan rekan2 di bandung telah merintis sekolah menengah pertama TEMARA ILMU yang menerima anak2 autis. Sekolah kami baru mulai ajaran tahun ini dengan 13 anak dengan 9 anak autis dan 4 anak regular, alhamdulillah banyak respon yang mendukung usaha kami meski ada juga yang menentang keberadaan kami di lingkungannya dengan alasan mengganggu ketenangan.
Alamat sekolah SMP PLUS TEMARA ILMU jl Gading Utama B 10 Soekarno Hatta Bandung telp 02270282538


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: