jump to navigation

Gangguan SEnsor Motorik, Autiskah? Agustus 21, 2008

Posted by estu pitarto in Artikel.
trackback

Tahun ini saya mempunyai murid bernama Rafi. Ia pindahan dari Jakarta. Sepintas anak ini secara fisik normal. Pun dengan IQ-nya. Sejauh pengamatan saya, anak ini mengalami hambatan menulis. Bukan berarti ia tidak bisa menulis, namun untuk ukuran usia anak kelas 3 tulisannya tak jelas terbaca.(maaf, belum bisa saya tampilkan tulisannya). Saya konfirmasi hal tersebut dengan orangtuanya. Melalui konsultasi tersebut dapat saya ketahui bahwa anak ini mengalami gangguan sensor motorik pada otak. Ia ingin menulis huruf A namun tangan tak kuasa menuliskannya. Ibarat mesin lama panasnya. Ada ketidaksinkronan antara otak dengan saraf motorik. Saya bertanya-tanya, apakah ini termasuk gejala anak autis?

Selain itu kadang emosinya meledak begitu saja. Sering ia berteriak-teriak lantang ketika berbicara,padahal kata tersebut bisa diucapkan dengan normal untuk anak seusianya. Saya bertanya, apakah ini efek dari gangguan sensor motorikanak. Analisa awal saya hanyalah jika satu saraf terkena gangguan maka akan berpengaruh kepada saraf yang lainnya. Dasar pemikiran saya tersebut adalah bahwasanya otak / saraf merupakan sebauh jaringan yang saling berhubungan. Jaringan ini saling berkorelasi satu sama lainnya. Adakah ini merupakan gejala autis?

Komentar»

1. attin - Oktober 6, 2008

memang tidak akan habis jika membahas tentang autis karena tiap ank atau orang yang ber autisme akan memiliki karakter sendiri2 yg berbeda dgn yg lainnya

2. sari - April 28, 2009

maaf, bukan kah itu dyslexia?? soalnya saya pernah di jelasin ma dosen psikologi saya😀

3. Tatie - November 12, 2009

Pada anakku usia 4 th kenapa belum bisa bicara ya?

4. Manti - Februari 17, 2010

Anak-anak dengan gangguan motorik belum tentu berarti autis. Untuk mendapatkan diagnosa lebih lengkap, Anda bisa pergi ke dokter anak / psikolog. (berhubung saya masih sarjana psikologi) jadi gak bisa memberikan diagnosa. Autis sendiri memiliki kriteria tertentu yang harus dipunyai seorang anak sehingga ia dikatakan autis seperti tidak mampu bersosialisasi, tidak mampu mengadakan kontak mata, dan lain sebagainya.

untuk ibu tatie, anak 4 th belum bisa bicara bisa dilihat dari berbagai hal seperti misalnya : ada masalah di organ oral, keterlambatan bicara yang disebabkan kurang interaksi di lingkungan (banyak nonton), dan faktor lainnya. fyi, anak2 dengan kebutuhan khusus biasanya mengalami keterlambatan bicara. tapi anak yg mengalami keterlambatan bicara belum tentu autis.

saya bekerja di peak performance centre untuk memaksimalkan fungsi kerja otak yg dapat memaksimalkan area kesulitan belajar, bicara, emosi, sosialisasi. bila berminta bisa hub.Manti di 4585-0754 atau email manti@brainoptimax.com

5. Omega - Agustus 4, 2011

Apa penyebab autis?


Tinggalkan Balasan

